+62 361 - 234293
info@sman3denpasar.sch.id
Jl. Nusa indah No.20 X Denpasar Bali
blog-img
17/05/2017

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED TIPE FLIPPED CLASSROOM

Admin Trisma | Pendidikan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED TIPE FLIPPED CLASSROOM DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Oleh: Ni Made Dwi Utami Yogi, S.Pd, Yopi Nisa Febianti, S.Pd, M.Pd.

SMA Negeri 3 Denpasar tahun 2020 dengan penerapan blended learning tipe flipped classroom dengan model pembelajaran discovery learning dalam memahami Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 3 Denpasar tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 33 orang, yang terdiri dari 17 Laki-laki dan 16 perempuan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: 1) Perencanaan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi Tindakan, dan 4) Refleksi . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran blended tipe flipped classroom dengan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS 1 dalam memahami Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dimana presentase ketuntasan mengalami kenaikan pada tiap siklusnya. Mulai dari pretes siklus I yang hanya 30%, kemudian meningkat pada postet sebesar 42%. Meningkat kembali pada pretes siklus II sebesar 61% dan mencapai nilai
ketuntasan yang diharapkan pada poster sebesar 82%

Kata kunci : Blended Tipe Flipped Discovery Learning

Artikel lengkap unduh di sin

Bagikan Ke:

Populer